COLLAR - JENIS KERAH DAN CARA PEMBUATANNYA




Membuat Kerah Untuk Kemeja

Kerah kemeja ada beberapa macam bentuk.. Kerah yang dalam istilah ‘sana-nya’ disebut Kragen , atau Collar.. punya banyak bentuk dan variasi. Ada yang disebut Einteliger Kragen, Button Down Kragen, Haifisch Kragen, Tab Kragen, Frack Kragen dan masih banyak lagi.. Disini saya menuliskan tentang kerah yang lazim digunakan sekarang ini. Karena ada beberapa kerah yang jarang digunakan di Negara kita. 
Berikut ini kerah yang umum digunakan dalam pembuatan busana pria di Negara kita.
· ONE PIECE COLLAR Kerah kemeja yang terdiri dari satu piece saja.
· TWO PIECE COLLAR Kerah kemeja yang terdiri dari 2 piece disertai kancing pada ujung-ujung kerah, kancing disini optional ya.. bisa ada bisa tidak.
· TWO PIECE COLLAR ( dengan kancing sengkelit )Model ini banyak digunakan dalam pembuatan kemeja pria dewasa. Kerah ini bisa berdiri tegak karena dipasang kancing sengkelit dibelakang kerah. Karena itu kerah ini memberi kesan yang tegas si pemakai.
· SHANGHAI COLLARKerah tegak biasanya digunakan dalam pembuatan baju muslim untuk pria.


Pola kerah ini merupakan lanjutan dari Pola dasar untuk pembuatan baju pria dewasa dan juga Pola dasar baju anak. Untuk cara pembuatan polanya bisa dilihat digambar berikut ini.
collar pattern - cara membuat pola kerah
Untuk kerah shanghai, saya gunakan pola ini untuk membuat baju koko pria seperti pada artikel ini


Pola tersebut juga saya gunakan pada baju koko anak saya yang ini


Sedangkan untuk kerah kemeja one piece collar saya praktekkan pada pembuatan kemeja batik anak saya yang ini


Demikian ulasan saya tentang Kerah kemeja.. Semoga bermanfaat… Selanjutnya saya ingin menuliskan tentang kerah rebah..

Can’t wait to write about Petterpan Collar.. I really love Petterpan collar.. makes the user looks so cute and innocence .. well.. see you…

Comments