menjahit dan membuat pola rok payung tutorial and slide video



Umbrella skirt , tutorial with free pattern to make..(updated)

Membuat umbrella skirt hanya dengan 3 langkah saja. . .


Hey there …
Kapan lalu saya lihat Blair Eadie upload foto OOTD pakai dress warna blush pink.. ehmm..cantik sekali... Jadi latah pingin jahit yang pink-pink.. Saya suka sekali warnanya, lembut tidak mencolok tapi tetap feminin dan elegant.. (…ihhiiy si emak pingin keliatan elegant rupanya.... ^_^…)
cara membuat pola dan menjahit rok payung sendiri
model in the picture: Blair Eadie

Kebetulan tahun lalu pernah beli bahan sutera bamboo warna blush pink dan belum sempat diapa-apain. Jadi bisa langsung eksekusi.. Tapi bukan bikin dress seperti yang dipakai Blair, saya ingin bikin umbrella skirt saja. Kalau disuruh milih nih.. misal ada yang mau beliin ( ngareep..hihhii..) disuruh pilih dress atau rok..saya lebih memilih rok.. kalau pakai rok and blues itu bisa di mix and match atasan dan bawahnnya.. jadi bisa ditukar padu padan dengan setelan yang lain. Sedangkan kalau pakai dress tidak bisa.
Ok langsung kerjain ya moms..
Buat yang males scrolling ke bawah naik turun buat lihat gambar kita ada nih bikin video slide show.nya..





Bahan yang diperlukan untuk membuat rok payung / umbrella skirt.

Kain

Lebar kain untuk model gini bagusnya pakai bahan yang minimal lebar 1.5 m  , boleh juga kalau memang tidak ada bahan dengan lebar 1.5m bisa pakai bahan dengan lebar 1.15m dengan catatan akan ada sambungannya di bagian tengah.
Kain yang saya gunakan adalah kain sutera serat bamboo, kainnya adem, jatuhnya lemes pas body, tidak mudah berubah warna dan sedikit glowing.
Pilihan bahan lainnya bisa dengan menggunakan jenis kain yang lain menyesuaikna kebutuhan. Misalnya mau yang agak tebal tapi lemes kalau dipakai bisa menggunakan bahan Jackguard , kain Jackguard banyak macamnya ya menyesuaikan kebutuhan dan anggaran. Atau mau yang mirip sutera bamboo bisa pakai Zara silk, mau yang agak glittery bisa pakai Redo satin, atau bisa juga pakai bahan serat sintetis lainnya seperti Sila crepe, Satin zetta dengan motif print dan sebagainya. Kalau ingin tampil ala-ala princess bisa pakai bahan tulle.



Berapa meter kain untuk membuat rok payung ?

Kebutuhan kainnya, jika lebar kain 1.5m panjang kain yang dibutuhkan untuk 1 buah umbrella skirt seperti berikut ini:
2x panjang rok + ½ lingkar pinggang.
Misalnya : panjang rok dari pinggang ke tumit 90cm dan lingkar pinggang 74cm maka
( 2 x 90) + (½  x 74) = 217cm.. bulatkan menjadi 2.25m ( lebihnya bisa untuk kampuh)

Siapkan pula perlengkapan jahit seperti benang, restleting 25cm ( saya pakai invisible zipper / rets jepang), kancing hak kecil ( saya gunakan kancing hak kecil agar tidak nampak dari luar, interfacing untuk ban pinggang . 2cm x lingkar pinggang



Lanjut..

Cara membuat pola rok payung - Umbrella skirt pattern

1. POLA

Perhatikan gambar berikut:
a – d – e  adalah lipatan kain
a – d , a – h dan a – b dihitung dengan rumus ( lingkar pinggang : 3 ) - 2

jadi jika lingkar pinggang 74cm maka jarak antara a – d, a – h atau a – e =  ( 74:3 ) - 2 = 22.7
g – h = panjang rok - 2cm ( khusus untuk kain lemas/tipis/berat dan bahan lain yang serat serongnya mudah mulur.,karena bagian ini adalah kain dengan serat serong, jadi kalau tidak dikurangi maka hasilnya nanti kalau sudah jadi rok biasanya akan lebih panjang ( mulur) kecuali bahan yang tebal dan kaku)
cara membuat pola rok payung


2. Potong kain sesuai pola
Perhatikan bagian yang harus dilipat. Tambahkan kampuh jahitan 2 cm pada sekelilingnya kecuali bagian lipatan d – e

Potong waistband. Ban pinggang dengan ukuran panjang sesuai lingkar pinggang ( + 4cm untuk kampuh)   dan lebar 7cm

berapa meter kain untuk membuat rok payung

3. Cara menjahit rok payung

( image 1) Jahit sambung bagian belakang , sisakan untuk bagian retsleting.
( image 2) Pasang retsleting, jangan lupa ganti sepatu dengan zipper foot untuk invisible zipper

cara menjahit rok payung

( image 3) jahit kain untuk ban pinggang
( image 4) ups saya lupa.. rekatkan interfacing untuk pinggang dulu ya.
cara menjahit rok payung

( image 5) tutup jahitan ujungnya , sisipkan hak kecil,  balik ban pinggang lalu jahit hak kecil tadi dengan jarum tangan, perhatikan gambar tiap tahapnya.

cara menjahit rok payung

( image 6) tutup / jahit tindas bagian  bawah waistband. Lalu.. Jahit kelim bagian bawah roknya.

cara menjahit retsleting jepang

Aaand done..
Selesai sudah rok payungnya..

tutorial cara membuat pola dan menjahit rok payung

cara membuat pola dan menjahit rok payung sendiri

Gimana?? masih bilang menjahit itu sulit??

Lihat related post dibawah ini.. masih banyak lagi free tutorial untuk belajar jahit.
Cobain yuu’ moms..

Sewing makes me happy.. yaayyy..

Lihat juga
cara membuat gamis dewasa

Harga masker medis mahal? Yuu' bikin sendiri maskermu.. ssst.. ini rahasia.. ada gratis polanya lhoo.. ;)




Comments

  1. Salam kenal, Mak Keren, nih, punya blog tutorial menjahit. Sangat-sangat-sangat bermanfaat. Hem, jadi pingin praktik sayang lom punya alatnya.
    Dari bahasan di atas Mak ini tahap mahir banget. Soalnya saya awal dan belajar jahitnya bentar. Tingkat pemula yang harus lebih banyak nyimak. Istilah perjahitan ada yang saya lupa dan tak tahu, hi hi. :D
    Roknya cantik. Itu bergantung ketepatan kita milih bahan. Yah, saya masih payah untuk urusan bahan.BTW, harga kain sureta bamboo itu berapa total semuanya agar ada acuan anggaran? Insya Allah, saya akan mampir dan nyimak lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mak.. makasi udah mampir.. iya betul, bikin baju harus tepat pilih bahannya.. jadi biarpun biasa aja, kalau bahannya tepat jadinya tampak istimewa.. sutera bamboo saya beli tahun lalu 85rb/m ( polos) kalau bermotif 95rb/m, lebih murah dibanding bahan jackguard yang umumnya 110rb/m, kelemahannya bahan sutera bamboo karena bahan alam jadi kalau habis nyuci ga boleh di-spinning, kalau di-spinning jadinya kusut, sulit licin kalau diseterika, dan sayangnya bahan ini jarang ada, kalau pas datang gitu sebentar aja udah habis, kalau bahan yang serat sintetis ada sateen zara ( lebih mengkilap) harga kain polos 50rb/m , kalau yang bermotif antara 60-110rb/m tergantung motif, makin cakep motifnya makin tinggi harganya :( , ini dari toko langganan saya ya Mak.. beda toko mungkin beda harga.

      Delete
  2. wuaaaaaa aku paling nggak bisa menjahit, tapi suami aku pinter Mba hehehehhe ... keren ya jadinya. Pengen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mb'.. :) ,, lah kebetulan mb' kalau suami pinter jahit.. bisa jahitin baju buat istri tercinta... ^_^

      Delete
  3. cantik ya jadinya mbak...aku juga suka nih jahit

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba'.. senengnya ketemu penghobby jahit juga..

      Delete
  4. Terima kasih mba tutorialnya. Tapi saya masih bingung nih, pola yg diatas tadi untuk setengah lingkaran umbrella skirt ya? Berarti kita harus buat 2 buah untuk bagian depan dan belakang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab yaa.. kalau rok payung pakai pola stengah lingkaran mbak..kalau yang lingkaran penuh menggunakan pola rok lingkaran penuh

      Delete
    2. tergantung kebutuhan mb'.. kalau mau yang full flare, mengembang penuh ala rok India pakai pola lingkaran penuh, tapi polanya sedikit beda.. bedanya di kerung lingkar pinggang.. lain waktu kalau lagi bikin rok lingkaran penuh saya share tutorialnya... kalau sesuai dengan pola yang ada di laman ini memang half flare, mengembang setengah lingkaran, misalkan mau dipakai buat rok semata kaki atau buat bawahan gamis nantinya lingkar bawah rok lebarnya bisa sampai kurleb 4 meter.an, tergantung panjang rok.nya. jadi tak perlu dibuat rangkap 2 ( depan belakang) karena bagian bawahnya sudah cukup lebar.
      terimakasih udah mampir blog saya mb'..

      Delete
  5. Mba dari dulu saya penggemar rok payung, soalnya berasa kayak putri putri di era klasik hihi, keliatan vintage...
    Makasih nih step stepnya bermanfaat banget apalagi buat pemula kyak diriku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. berasa ala duchess kalau pakai rok gini.. bangsawan gimanaaa gitu ..hihhi.. makasi kunjungannya ya..moga bermanfaat.

      Delete
  6. Assalamu'alaikum Mbk Nina. Salam kenal. Mau tanya, kalau mau buat yang lebih lebar bagian bawahnya bagaimana? Saya mau bikin gamis dengan lingkar 7m kira2 perlu berapa meter? Atau Mbk Nina bisa bantu bikin tutorial nya kah? Atau polanya. Terima kasih wa jazakulloh Khoir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalaam..mau bikin gamis full flare yaa.. kebutuhan kain tergantung bentuk bagian pinggang.. mau yang kaya gimana dulu pinggangnya?? pakai lipit2 atau pinggang licin ky rok diatas? kalau mau yang licin seperti diatas ( tanpa lipit dibagian pinggang), khusus untuk bagian bawahnya aja kebutuhan kainnya = ( 4x panjang rok) + ( 2x diameter lingkar pinggang), note kainnya pakai minimal lebar 150cm..dengan sambungan kanan kiri,, kalau mau yang ada lipit/kerut pinggang beda lagi kebutuhan kainnya, dan itu cuma hitungan untuk bawahan aja, kebutuhan kain untuk bagian body dan lengan menyesuaikan dengan postur pemakai.

      Tutorial menjahit gamis dewasa, dan aneka pola dress wanita insyaAllah akan saya tuliskan lain waktu di blog ini..follow kita ya tq.

      Delete
  7. Ada grup di fb gak mak?
    Mau gabung dong😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mak.. pingin bikin grup di fb.. jadi teman-teman yang japri pertanyaan seputar jahit menjahit jawabannya bisa juga dibaca sama teman-teman yang lain..tapi kuatir ga ada yang gabung maak.. hahhaaa...

      Delete
    2. Mbak bagai mana cara jahit rok gunting payung ,klau kita mau pendekin atau kedalaman supaya mulus ,makasi

      Delete
    3. Cara jahit tepi roknya kah? setelah dipendekin gitu yaa.. tips saya, lipatan kelimnya jangan terlalu lebar, kecil aja kelimnya max.1cm biar lipatan tepinya tidak meluntir kata orang jawa... duhh bahasa Indonesia meluntir tuhh apa yaa..^_^
      Dan jahitnya dari sisi luar.. enaknya nih dijelasin pakai video ya.. kalau tidak ada gambarnya kurang jelas mungkin penjelasannya.

      Delete
  8. Mau dong bak masuk/jadi anggota di blog jenengan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. makasi banyak blog saya dapat apresiasi dari teman-teman semua..

      Delete
  9. Blognya bermanfaat sekali mb,
    Mb jadilah buat grup di fb, sya mau gabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mb Kuni Alhabsyi.. saya jarang pakai fb.. kalau pas sempat buka fb , saya ikutan bantu jawab pertanyaan jahit menjahit di grup.nya orang.. biasanya teman-teman untuk request atau tanya-tanya bisa lewat DM ig saya @finz_family

      Delete
  10. Ka kalau mau pakai karet bukan seleting jd harus fitambah brp ya li gkar pinggang nya?

    ReplyDelete

Post a Comment