Berapa Centi Kampuh yang Harus Ditambahkan Sebelum Menjahit Baju?

cara menambahkan kampuh jahit

Persiapan Pola

Sebagian besar pola kami baik yang gratis atau pola komersial, sudah termasuk kelonggaran jahitan atau biasa disebut kampuh, sehingga Anda cukup meletakkannya di atas kain apa adanya dan memotongnya di sepanjang garis potong yang telah dicetak sebelumnya. Namun, ada beberapa pola kami yang tidak menyertakan kampuh dan mungkin mengharuskan Anda menambahkan kampuh sebelum memotong kain. Pada pembahasan ini kami menyajikan panduan untuk menggunakan pola semacam ini.

Ada dua cara untuk menyiapkan kampuh:

Cara pertama, dengan menambahkan kampuh pada potongan pola. Anda menambahkannya ke kertas pola itu sendiri sebelum pola tersebut dipotong.

Cara lainnya adalah dengan cara setiap potongan kertas pola digunting di sepanjang garis jahitan (yaitu, garis tepi pola), tanpa menambahkan kampuh. Kampuh akan ditambahkan langsung pada kain sebelum kain dipotong.

2 cara ini yang lazim digunakan untuk menambahkan kampuh sebelum memotong kain.

cara menambahkan kampuh jahit

Jadi, berapa centi sebenarnya kampuh yang harus ditambahkan?

Penambahan kampuh yang baik sesuai aturan adalah kampuh harus 5/8 inci (1,5 cm) di sekelilingnya. Atau setidaknya 1/2 inci (1,25 cm). 

Pada garment yang dibuat berskala besar, kampuh bahkan hanya selebar 1cm untuk mereka agar bisa lebih menghemat kain. 

Sesuai aturan, ada beberapa pengecualian tentang lebar kampuh, yaitu:

  • ·        Pada keliman yang relatif lurus (seperti pada kaki celana, rok, atau jaket), kelonggaran keliman sebesar 1¼” (3cm) diterapkan.
  • ·        Pada keliman yang bagiannya melebar (seperti pada rok yang penuhatau rok lebar atau berpinggiran), keliman bisa lebih sempit dari 3/8 inch (1cm).
  • ·        Kampuh di sekitar ritsleting harus berukuran 3/4 inci (2cm). Di luar ritsleting, kampuhnya mengecil hingga 5/8 inci (1,5cm).

Setelah kampuh jahitan ditambahkan dengan hati-hati, Anda bisa memotong potongan pola di sepanjang garis potong yang baru digambar.

Artikel ini bermanfaat buat Anda? jangan lupa share artikel ini untuk rekan dengan hobby yang sama.

Download Freebies

Download Commercial Sewing Pattern

Terimakasih sudah singgah disini..

Happy sewing..

Comments