Bikin Kemeja Seragam Sekolah Sendiri yuuk..

'Met pagii... 

Menyapa selamat pagi karena membuat tulisan ini di pagi hari waktu kota Malang.. :D

Jadi pagi ini saya buka hp dan dapat banyak notifikasi request share file di google drive. Sebenarnya hal seperti ini sering terjadi di dua tahun belakangan ini. Tapi pagi ini jauh lebih banyak berlipat-lipat jumlahnya dari hari biasanya. Dua tahun belakangan ini sebenarnya saya agak bingung.. kenapa pembaca tidak bisa auto download file yang saya share di google drive.

Begini ceritanya, tahun 2019 saya share pola kemeja gratis di blog ini. Saya simpan di google drive dan saya share link.nya di artikel blog. Saya tes download sendiri dari link yang saya pasang, hasilnya aman-aman saja. File otomatis terdownload. Tapi entah kenapa sejak dua tahun belakangan ini sering muncul notifikasi dari pembaca 'request share file' jadi saya harus memberi ijin secara manual dahulu agar mereka bisa download. Awalnya saya pikir.. ahh, mungkin server google drive lagi down, jadi tidak bisa otomatis kerjanya. Tapi karena sering muncul notifikasi seperti itu jadinya saya coba mencari tahu apa masalahnya? Coba tutup dan buka lagi akses ke link tapi masalahnya tetap ada saja yang harus kirim request dulu sebelum download. Apa teman-teman ada yang tahu kenapa jadi begini? Kenapa ada yang harus request dahulu sebelum mendownload?

Dan karena itu pagi ini saya buat artikel baru yang isinya terdapat link download yang baru. 

Gratis Download Pola Kemeja

Sudah masuk bulan Juni sekarang, jadi habis ini musim penerimaan siswa baru. Mulai ramai penjahit menerima pesanan seragam sekolah. Buat teman-teman yang ada waktu luang dan ingin belajar menjahit seragam sendiri bisa download pola ini. Selain menghemat pengeluaran ongkos jahit, teman-teman semua juga bisa mencoba menerima jahitan seragam dari sesama walimurid.. lumayan kaan.. bisa nambah penghasilan, karena di sebagian kota, ongkos jahit kemeja tarifnya bisa lebih mahal dari harga kainnya.. 

Pola yang saya share kali ini masih kurang lebih sama dengan link yang bermasalah sebelumnya. Bedanya yang ini full pattern ya..  jadi pola lengkap untuk satu ukuran. Kalau file yang bermasalah sebelumnya berupa pola gradding berbagai ukuran tapi khusus badan dan lengan saja, tanpa kerah dll.

Free Download Shirt Sewing Pattern - Pola Kemeja Anak

Pola ini pola kemeja berlengan pendek, pola ini saya gunakan untuk menjahit seragam sekolah anak saya ketika masuk SD. Kerah kemeja di seragam ini one piece shirt collar ya, kerah kemeja 1 piece. Bukan yang terpisah antara daun kerah dan kaki kerah. Jadi nyambung jadi satu bagian sehingga proses jahitnya juga lebih mudah. 

Langkah-langkah Menjahit Kemeja:

  • Download pola
  • Wajib perhatikan cara ngeprint, agar pola tidak terpotong!! Cetak pola menggunakan printer rumahan, cetak Size → actual size 100%, no scale agar pola tercetak sesuai ukuran aslinya. Cetak dengan kertas A4, potrait atau auto potrait/lanscape. Perhatikan preview sebelum kertas tercetak, jika belum sesuai atur sesuaikan orientation-nya. 
  • Susun pola sesuai urutan angkanya, rekatkan dengan lem pada tiap tepi kertanya lalu potong sesuai garis polanya. Note: saya membuat pola ini untuk kepentingan pribadi, jadi waktu itu saya tidak sertakan border kertas, tapi tidak berpengaruh pada hasil pola, garis border kertas sifatnya hanya garis bantu sebelum merekatkan tepi kertas.
  • Tips: perhatikan tanda garis miring di tiap ujung kertas, tanda garis miring itu jika disatukan tiap ujungnya dengan benar maka akan membentuk wajik. Jika tidak membentuk wajik maka posisi rekatnya kurang pas.
  • Perhatikan cara menempatkan pola, bagian lipatan letakkan diatas kain yang terlipat, bagian kanan kiri letakkan di kain yang tertumpuk 2 lembar. Jika tertulis lipatan, maka kain harus dalam keadaan terlipat ketika dipotong. 
  • Pola sudah termasuk kampuh, jadi tanpa perlu menambahkan/beri jarak pada sekeliling pola  untuk space jahitan dan obrasan.
  • Jika teman-teman memiliki mesin obras, sebaiknya obras dulu semua tepi, jika tidak punya mesin obras, bisa jahit tepi menggunakan mesin jahit biasa dengan memilih stitch zig-zag atau semacamnya.
  • Potong kain keras untuk kerah sesuai pola, lalu rekatkan ke kain kerah dengan cara menempelkan dengan bantuan seterika yang panas. Lalu.. Jahit kerah.
  • Jahit/ sambung bagian bahu depan dan belakang.
  • Rapikan bagian bukaan depan (TM)  bagian untuk pasang kancing, sisipkan kain viselin/ kain serat kapas. Lalu seterika.
  • Pasang kerah yang sudah dijahit tadi ke bagian kerung leher.
  • Pasang lengan kanan kiri, jahit keliman lengan
  • Pasang saku
  • Jahit kelim bagian bawah kemeja.
  • Yang terakhir pasang kancing dan buat lubang kancing.
File pola ini tanpa instruksi cara menjahit, hanya pola saja, tanpa ilustrasi seperti pada pola komersial kami, jadi untuk instruksi cara menjahitnya tinggal ikuti saja  petunjuk diatas, atau teman-teman bisa menyesuaikan dengan pengalaman masing-masing. Misal, untuk bagian obras/jahit pinggiran kain maunya dikerjakan setelah baju selesai dijahit semua ya monggo.. atau maunya lengannya dibikin panjang juga silahkan...

Sekian artikel ini saya buat dengan sangat buru-buru karena mamak ini harus segera melanjutkan tugas negara...:)

Apa artikel ini bermanfaat? Bantu share kepada rekan-rekan yang mungkin membutuhkan..
Terimakasih sudah singgah disini..
Happy sewing..
Sampai jumpa di pola gratis selanjutnya..

Comments

  1. Wah keren ini mbak, membuat tutorial cara jahit baju seragam. Sukses untuk usahanya ya mbak.
    Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Setelah musim liburan, saatnya anak masuk sekolah lagi. Tentu saja banyak orang tua murid yang mencari baju seragam atau malah buat sendiri. File yang mba bagikan pasti memberikan manfaat bagi yang membutuhkannya. Nice sharing mba ☺

    ReplyDelete
  3. Masya Allah semangat berbagi mbak. Saya punya cita-cita bisa menjahit, tapi belum kesampean sampai sekarang. Btw, access file GDrive nya disetting ' share-anyone with link' Cobain mbak.

    ReplyDelete
  4. Makasih banyak bun telah berbagi file downloadnya. Ini bermanfaat banget untuk para orang tua, terlebih di masa masa masuk sekolah ini.

    ReplyDelete

Post a Comment