Diy Project : Bikin Home Dress ala Nyonya Gratis Download Pola , Mau ?

Dress Retro - Dress Tahun 70.an, Tutorial dan Download Pola, Gratis.

Apa ada yang sedang mencari proyek menjahit yang sederhana untuk mempercantik gaya berbusana?
Terimakasih sudah singgah disini! Kali ini, saya akan menyajikan langkah-langkah membuat home dress yang nyaman dan bergaya. Nyaman untuk bersantai di rumah atau bahkan bisa juga dipakai jalan-jalan. Proyek DIY ini mudah, cocok untuk pemula. Bahkan untuk teman-teman Muslimah,  bisa membuatnya lengan panjang seperti gamis.
download pola gamis gratis

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gaun:

  • Kain: Pilih kain yang lembut dan menyerap keringat seperti katun atau rayon untuk kenyamanan maksimal.
  • Meteran
  • Gunting kain
  • Jarum
  • Mesin Jahit
  • Benang: Pilih warna benang sesuai warna kain
  • Kertas Pola: Untuk cara pembuatan pola, baca artikel ini sampai habis.
  • Printer: Jika ada yang malas membuat pola, silahkan langsung download dan print sendiri polanya..GRATIS!

Cara Membuat Pola Gaun/Dress:

Untuk cara membuat polanya, silahkan simak di Polanezia. Mudah, bahkan tanpa perlu mahir membuat pola! Dan yang paling seru, bisa Download Pola Gaun Gratis! Tapi sebelum lanjut ke laman cara membuat pola, simak apa saja yang dibutuhkan dan perlu diperhatikan dalam membuat pola

Ambil Ukuran:

Sebelum membuat pola, dibutuhkan ukuran badan. Mulailah dengan mengukur lingkar dada, pinggang, lebar bahu belakang, dan panjang gaun yang diinginkan, panjang lengan yang diinginkan. 

Menambahkan kampuh:

Pola yang akan kita download ini belum termasuk kampuh atau kelonggaran jahitan, jadi jangan lupa tambahkan 1,5-2cm untuk kelonggaran jahitan. Kalau di proyek ini saya menambahkan lebih dari 1 inch, karena saya menggunakan bahan yang belum dicuci, jadi mengindari penyusutan setelah dicuci saya tambahkan kelonggaran yang lebar.

Lengan: 

Seberapa panjang lengan yang diinginkan? Pola yang akan kita buat ini adalah pola lengan pendek, jika ingin lengan panjang dan untuk gamis jangan lupa memanjangkan polanya sampai batas panjang yang diinginkan.

Memotong Kain:

Tempatkan pola pada kain. Ingatlah ada bagian-bagian yang harus dipotong berhadap-hadapan/ potongan cermin, potongan yang sisinya terlipat jadi hasil potongannya setelah dibuka adalah dua kali lebar pola. Dan untuk memotong potongan cermin, secara tehnis kain dipotong dalam keadaan terlipat atau permukaannya saling berhadap-hadapan untuk bagian depan dan belakang, atau kanan kiri semisal untuk lengan. Pemahaman ini sangat penting agar benar-benar bisa menggunakan polanya, karena pola ini bersifat gratis jadi disitu tidak dilengkapi petunjuk manual lengkap seperti pola komersil mereka yang ada intruksi manual lengkap tentang cara mencetak, berapa banyak bahan yang harus dibeli, cara memotong kain, berbagai pilihan ukuran sampai cara menjahitnya.

Saya disini menggunakan kain rayon twill dari moiztex. Twillnya juara banget, flowy, adem, dan tebalnya medium. Lebar kain rayon twill yang saya punya 61inch, sekitar 155cm (sebelum dicuci). Lebar pola rok 156cm, sesuai instruksi disarankan menyesuaikan lebar kain untuk membuat rok, Jadi saya kurangi sedikit agar sesuai dengan lebar kain saya.

download pola gamis gratis

Step by Step Menjahit Home Dress ala Nyonya:

Menjahit kupnat

Lipat dan pertemukan/sematkan ujung-ujung kupnatnya, lalu jahit sepanjang garis kupnat.


Menyambung bahu dan memasang kerah

Jahit sambung bagian bahu badan depan dan belakang. Semat dengan jarum kerah dengan leher lalu jahit. Tempelkan lapisan kerah, jahit mengikuti sisi luar lapisan.


Memasang Lengan

Sematkan tempelkan bagian lengan, lengan kanan ke bagian kerung lengan kanan, demikian juga untuk yang kiri. Jahit sisi lengan. 


Menyambung badan atas dengan rok:

Mecingkan rok dan bagian atas dress pada bagian pinggang. Posisikan sambungan rok pada bagian sisi samping kanan dan kiri. Semat dengan jarum lalu jahit.

Menjahit keliman:

Jangan lupa selesaikan/ rapikan jahitan dengan jahitan zigzag atau obras sebelum ujung lengan dan bagian bawah dress dijahit kelimnya. Lalu jahit keliman lengan dan bagian bawah dress. Untuk tambahan : dibagian keliman rok saya ingin dress tampak megar mengembang seperti dress ala tahun 70an.. retro style.. jadi saya menyisipkan yure selebar 1inch di dalamnya. Apa itu yure? Ehmm.. lain kali akan saya bahas ya..

Sentuhan Terakhir:

Tentukan posisi kancing sesuai keinginan, buat lubang kancing dan pasang kancing. Gunting semua benang yang lepas dan seterika, utamanya pada tiap-tiap sambungan untuk memberikan hasil akhir yang halus.

free download retro dress

Nah, sudah jadi gaun barunya! Maaf langsung difoto.. belum sempat diseterika dan belum dicuci ya.. taxture kain rayon twill moiztex yang tebal tapi flowy bikin jatuhnya dress mengembang cantik sekali. Ini saya buat tanpa belt, karena pinggangnya sudah pas. Tapi bisa juga ditambahkan belt dengan warna lain agar makin kece seperti nyonya..wkwkwk.. 

Buat teman-teman muslimah bisa merubah panjang lengan dan panjang dress agar bisa jadi gamis. Kalau yang ini saya pakai baju rumah saja, jadi pakai lengan pendek dan panjang dress hanya sedikit dibawah lutut. Hanya dengan beberapa bahan dan langkah mudah, Kita bisa menciptakan gaun rumah cantik yang nyaman dan anggun. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai kain dan pola untuk menjadikan proyek DIY ini unik.. 

Yaaayy.. 

Selamat menjahit!


Comments