Mudah dan Hemat Bikin Wrap Dressmu Sendiri

A DIY Project: Tutorial Menjahit Gamis Wrap Dress


Percaya ga'...kalau dress ini dibuat hanya dengan modal kurang dari 40 ribuan? Berawal dari belanja online beli dress.. sudah dipilih bener-bener.. ternyata ketika datang tidak sesuai ekspektasi. Yang dipajang di display apa.. yang dikirim apa.. Pernah juga belanja sudah coba hati-hati pilihnya, harganyapun lumayan, tapi entah kenapa tetap aja tidak sesuai harapan.

Jadi kepikiran kenapa tidak bikin sendiri aja. Suatu hari nyangkut di Moiztex. Dapat bahan crinkle airflow. Beneran kain airflow, bukan kawe-kawe. Flowy banget bahannya ini. Adem juga.. ga kasar di kulit. Kalau harganya.. ehmm kalian bisa cek sendiri ya.. ga mahal kok.. kisaran dibawah 20 ribuan. Dan jauh lebih murah lagi kalau belinya rollan. Untuk info lengkap silakan kontak admin di nomor yang tertera di web.nya.

Bikin dress ini habis bahan kurleb 2meter ya.. untuk ukuran all size.nya orang Indonesia. Tapi kalau mau lebih besar bisa ditambah sedikit bahannya. 

Nah.. kain udah dapat.. tinggal download pola dress di Polanezia.


Polanya udah ada keterangan cara jahitnya, jadi aman.. buat yang belum bisa jahitpun bisa auto bisa bikin baju.


Tata pola, lalu rekatkan dengan lem seperti ini sesuai tanda. Lalu potong, mengikuti ukuran yang diinginkan.

Pola ini sudah termasuk kampuh ya, jadi tidak perlu menambahkan kelonggaran buat jahitan. Lebar kampuh bisa dilihat pada keterangan yang tertulis di intruksi pembuatan. Perhatikan juga ukuran yang dipilih. Ada 4 pilihan ukuran, dengan keterangan masing-masing. Jadi misal pilih ukuran M, lingkar badan sudah sesuai dengan lingkar badan diri sendiri, tapi panjang dress.nya kepanjangan, jika demikian.. tinggal dipendekin aja seberapa yang diinginkan. Untuk panjang lengan juga demikian. Lengan dress ini ujungnya karet, jadi polanya memang agak panjang untuk memberi kesan flowy dan jatuhnya dipergelangan tangan tampak cantik. Tapi kembali ke ukuran lengan masing-masing, jika dirasa kepanjangan bisa dipendekkan. Dress ini juga punya opsi lengan panjang dan lengan 3/4. Perhatikan tanda untuk lengan 3/4 pada pola lengan.

Jujurly.. baru kali ini aku pegang bahan airflow, sebelumnya punya pakaian bahan airflow beli produk konveksi. Jadi baru tahu, ternyata arah crinkle/efek kusutnya kain airflow yang ini melebar, mengikuti arah benang pakan kain, bukan sejajar dengan benang lungsin. Tadinya aku kira arah kusutnya memanjang mengikuti benang lungsin kain. Jadi untuk dress aku potong kainnya mengikuti arah efek crinkle.. melebar. Meskipun dipotong melebar, tidak perlu khawatir, kain airflow yang ini beneran flowy banget bahkan dari arah serat benang pakan sekalipun. Jadi hasilnya tetap jatuh cantik kainnya.

Dan ini tahapan pembuatannya. Cara jahitnya mudah.. tinggal ikuti instruksi pada pola.

Dan...tadaaa.. lihat hasilnya, jatuhnya tetap cantik meskipun dipotong arah melebar. Abaikan garis-garis bekas lipatan dibagian depan, maklum aja emang belum diseterika..:D

Ingin mencoba bisnis fashion?

Kalau dijual laku enggak?

Bisa mencoba lihat di market place, dress dengan kualitas bahan yang beneran bagus, dan cutting yang bagus tentu harganya juga lebih mahal Coba lihat galery seller yang jual dress bahan serupa, pengalamanku, kalau ada dress harga murah itu biasanya kalau bukan tembakan (menjiplak jualan orang dengan sekalian ngambil foto produknya lalu ditiru dengan banyak penyesuaian dengan alasan penghematan) , atau adakalanya dress murah itu karena menggunakan bahan yang kurang nyaman.

Selain pemilihan desain, kunci dari bisa mendapatkan lebih banyak untung adalah dengan berbelanja bahan di suplier bahan yang tepat. Untuk saran aja, kalau beli di Moiztex sebaiknya minta sample bahannya terlebih dahulu, kualitas kain bagus, tapi untuk beberapa warna di katalog ternyata agak beda dengan warna aslinya. 

Hitung modalnya dan tentukan harga jualnya.. udah kebayang kan berapa keuntungan yang diperoleh? Secara gitu kan...Indonesia mayoritas muslim...pasti laku kalau bisnis fashion muslimah.. ya kaaan..

Semoga bermanfaat.


Comments