Cosplay Untuk Muslimah Berhijab


diy costum cosplay

Ada yang suka ikut seru-seruan cosplay nggak?

Kalau saya pribadi.. enggak terlalu suka.. ehmm.. mungkin karena beda jaman kali yaa..:D

Tapi karena si dede' syantik saya suka anime..dan suka seru-seruan nonton cosplay.. jadi akhirnya saya ikut-ikutan nonton cosplay.. Sambil ngawasin dan lihat perkembangan jaman dan kegiatan anak generasi sekarang. Seru ternyata, lihat antusiasme anak-anak muda, yang berdandan seperti idola mereka. Kreatif banget mereka.. ada yang lucu, cute..dan ada juga yang ..aww..sexy banget. Untuk itulah dibutuhkan pengawasan, jadi si abege masih bergaul dengan sebayanya tapi masih dalam pengawasan orang dewasa.

Dan pada akhirnya saya harus puter otak ketika si abege bilang.. "Aku pingin dandan cosplay juga, masa' dari dulu cuma bisa nonton doang." Cari-cari referensi akhirnya dapat model baju cosplay yang lebih "santun". Dipilih yang santun meski enggak harus yang persis seperti tokohnya, tapi minimal atributnya mirip dan bisa digunakan dengan memakai hijab.. karena abege saya remaja berhijab. Kami sepakat memilih Sucrose Genshin Impact. Polanya download di Polanezia , dan bahannya pakai bahan katun oxford dari Moiztex. Kenapa memilih katun oxford? karena yang dibutuhkan kain dengan ketebalan medium, bukan kain yang tebal banget. Dan kain oxford dari moiztex nih bagus ya.. ga berbulu, seratnya juga bagus kaya agak-agak misty gitu warnanya. Karena yang didapat warna hijau sage, jadi warna sagenya itu misty gitu, . cakep deh. Kain oxford yang ini juga adem, halus dan tenunannya rapat, enggak renggang, dan enggak susut waktu dicuci. Kalau untuk harga saya pikir lumayan murah untuk kain dengan lebar 1,5meter. Lebih murah lagi kalau belinya 1 roll dijamin miring jauh lebih murah daripada harga di pasaran.

Jadi yang mau saya buat adalah sebuah jaket lengkap dengan dasinya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 2 yards kain oxford warna sage lebar kain 1,5 meter
  • Kain putih, saya pilih bahan katun kurang lebih 1/2 meter 
  • Kain biru navy, enggak banyak, saya pakai kain sisa bikin celana.
  • Didalam intruksi membuat jaket didalam paket e-book pola disebutkan dibutuhkan kain untuk furing, tapi karena kain sage.nya banyak jadi saya pakai sisa bahan sage saja untuk furing.nya.
  • 1 meter viselin, sebenarnya tidak butuh banyak viselin, tapi karena kain katun putih saya agak tipis jadi saya kasih pelapis viselin didalamnya biar lebih tebal.
  • 2 kancing jas, dan 1 kancing warna gold.
  • Pola jaket download di Polanezia
    download cosplay sewing pattern

Cara Membuat Jaket Cosplay

Pertama-tama, cetak pola dan susun sesuai urutan angkanya. Pakai kertas pdf ukuran A4 dengan real size bukan yang fit to page, lalu direkatkan sesuai garis tepinya seperti ini.

cosplay sewing pattern

cosplay sewing pattern and tutorial

Setelah disusun dan direkatkan, potong pola mengikuti garis. Pola ini all size, satu ukuran saja. hasilnya kalau saya dengan bb 55kg tb 158cm pas dipakainya, kalau dipakai abege agak lebih longgar dan lengannya agak kepanjangan, jadi dan untuk abege lengannya saya pendekkan sedikit.


Oh iya.. pola ini belum termasuk kampuh, jadi dilihat dulu di keterangan cara membuat, akan disebutkan, pola sudah termasuk kampuh atau belum. Jika keterangannya belum termasuk kampuh tambahkan sekitar 1,5cm sebelum dipotong kainnya. Tambahkan kampuh disekeliling pola kecuali bagian yang ada keterang fold atau lipatan kain, jika ada tanda panah kalau itu bagian lipatan maka letakkan kain dalam kondisi terlipat pas pada garis panah bagian yang disuruh lipat tersebut. Langkah-langkah menjahit ikuti sesuai intruksi pada lamiran tutorial di dalam paket pola.
Untuk jaket ini kain oxford 2 yards cukup tanpa harus beli kain untuk furing. Hemat banget, karena lihat di toko oren harga jaket gini dengan kualitas apa adanya harganya ratusan ribu. Dengan bagian ornamennya garis-garisnya hanya pita biasa yang dijahit. Jadi lebih hemat bikin sendiri. Dengan punya pola jaket cosplay seperti ini juga kita bisa membuat usaha jualan baju-baju cosplay. Mumpung even cosplay lagi digandrungi anak muda.
Saya menambahkan bordir oneplus.. ini sebenarnya merk hp sih, tapi biar makin mirip aslinya aja jadi saya tambahkan bordiran
Seperti ini jadinya, lucu banget.. sudah ada dasinya. Kalau untuk pemakaiannya nanti bisa ditambahkan kemeja putih biasa untuk dalemannya, dan rok panjang untuk bawahannya.

diy cosplay costum

cosplay costum for muslim
Foto pada paket pola vs hasil jadinya.. kalau ikutin sesuai petunjuk pola, hasil jadi jaketnya mirip banget kan sama gambar ilustrasinya.
diy costum cosplay

Pinterest.com

Hijab cosplay


Gimana? mau coba bikin costum cosplay kalian sendiri?

Terimakasih buat semua yang sudah singgah disini.. see you in the next review.






Comments