Cara Membuat Rok Anak




Rok Susun : Hemat dan Mudah Menjahit Rok Anak Dengan Pola dan Video Step by Step


Sweet Purple Tiered Skirt
cara menjahit rok susun untuk anak

Lama tidak ngepost artikel sekarang saya kembali dengan beberapa artikel baru, yang ini adalah cara membuat rok susun atau banyak yang menyebutnya rok Canda.. Jadi ingat sinetron jadul tentang gadis bernama Canda .. Ada yang ingat sinetron itu..?? Saya masih SMA kala itu.. 😄😄

Saya suka rok susun, karena kesannya yang ceria.
Rok selalu menjadi andalan dalam lemari pakaian anak perempuan dan ini juga berlaku untuk nona Missy saya yang suka memakai rok. Ini adalah rok susun bertingkat 3 favorit sepanjang masa yang saya jahit untuknya. Dapatkan cara membuat pola dan perkiraan bahan semua ukuran pada bagian akhir postingan ini; baik itu panjang, pendek, mini, atau midi, sesuaikan pola dengan panjang yang diinginkan.

Saya menjahit rok ini karena terinspirasi dari rok susun bahan jeans yang dijual di "Rembulan department store"😷, saya tawarkan ke nona Missy saya.. dia bilang suka tapi tidak mau yang bahan jeans karena bahan jeans tidak bisa berkibar-kibar kalau kena angin, kepinginnya bahan katun warna pink atau ungu.. Lahh.. 😌

Akhirnya bikin sendirilah rok.nya..
Lagi pula.. Dari pada beli rok seharga ratusan ribu, mending bikin sendiri.. iya..apa iyaaa..??

Saya menjahit rok susun ini untuk anak perempuan saya yang masih kelas 3 SD. Lingkar pinggang 60cm. Panjang rok 75cm, ini rok panjang ya, panjangnya setumit dan total kain yang dibutuhkan adalah 1,25meter, renda 3yard, karet elastic 1 yard. Ukuran yang dibutuhkan hanyalah ukuran pinggang dan panjang rok yang diinginkan.

Quick 3 Tiered Skirt - Free Sewing Pattern scroll ⇩ to get the free pattern and tutorial

cara menjahit rok susun untuk anak

Untuk rok susun ini, saya tidak menggunakan Gathering Foot / sepatu pengerut untuk mengerutkan kain, saya menggunakan stitch pengerut sehingga mesin bisa mengerut otomatis. Jadi tak perlu bongkar pasang sepatu jahit. Buat yang terbiasa menggunakan sepatu pengerut untuk membuat kerutan, tutorial men-setting jahit kerut ini bisa menjadi alternatif lain yang bisa dicoba, ada video dengan durasi 4 menit di halaman ini untuk menunjukkan cara melakukannya. Total waktu yang saya habiskan untuk memotong dan menjahit rok susun ini sekitar 1,5 jam saja. Jahitnya cuma lurus-lurus saja.. kerut..sambung.. kerut lagi.. sambung lagi.. se simple itu..


Nona Missy saya sangat menyukai rok ini, terutama detail pada trim renda di ujung bawah dan pita pada layer pertama. Sementara saya suka melihatnya mengenakan rok susun ini dan mengagumi cara rok itu berputar saat dia berjalan. Ya..yaa.. she is a princess wanna be.. 😗

Kebutuhan Bahan Membuat Rok Susun:

Berikut ini bahan dan perkiraan banyaknya kebutuhan bahan yang diperlukan

1. Kain (katun - lebar 150 cm),
Bayi - 1/2 meter
Balita - 3/4 meter
Anak - 1 meter - 1 1/4 meter
Remaja 1 1/2 meter
Dewasa - 2 meter

2. Karet elastis lebar 2,5cm:
Bayi, Balita, Anak, Dewasa - 1 meter

3. Renda (lebar 2 ″):
Bayi - 1 1/2 yard
Balita -  2 yard
Anak - 3 yard
Remaja - 3 yard
Dewasa - 5 yard

4. Kain furing 1 meter
Optional, bahan yang saya gunakan sangat tipis jadi saya tambahkan furing, dan saya juga menambahkan renda pada bagian bawah furing. Pola furing bisa menggunakan pola dasar rok yang dilebarkan bagian bawahnya.

5. Benang

Alat:
1. Mesin Jahit
2. Gathering Foot (Opsional)
3. Pin dan jarum tangan
4. Pensil dan penggaris seamstress
5. Gunting kain

Catatan: Dengan menggunakan pola dan metode yang sama,tutorial ini bisa digunakan untuk membuat rok dengan panjang sesuai keinginan, mau panjang maxi atau midi bisa dibuat dengan pola ini. Jika dirasa kurang lebar/megar, bisa ditambah / disesuaikan sendiri menyesuaikan kebutuhan ya.

Video berikut menunjukkan cara mengerut menggunakan stitch mesin jahit tanpa mengganti sepatu. Mohon maaf jika gambar dalam video kurang terang, karena memang dibuat on the spot pas saat menjahit jadi tanpa setting khusus.

Tonton video tutorial membuat rok anak di Youtube





Instruksi dengan gambar untuk menjahit Quick 3 Tiered Skirt

Cara Membuat Pola Rok Susun

cara menjahit dan membuat pola rok untuk anak
Pertama, ukur pinggang dan panjang rok yang diinginkan.

Kumpulkan semua bahan dan alat sebagaimana tercantum di atas.

Potong kain sesuai dengan ukuran seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Klik gambar untuk mendapatkan tampilan yang lebih besar.





Cara Menjahit Rok Susun

Tandai tiap layer agar tidak tertukar, misal beri tulisan kecil seperti "susunan atas, tengah, bawah".

Jahit kerut satu sisi pada tiap layer.
cara menjahit rok susun untuk anak

Jahit sambung/gabung tiap layer sesuai urutan.
cara menjahit rok susun untuk anak

Obras/jahit overlock/jahit zig-zag sambungannya agar jahitan lebih kuat dan rapi.
Sambung sisinya.
cara menjahit rok susun untuk anak

cara menjahit rok susun untuk anak

Sisipkan furing sebelum menjahit ban pinggang.
cara menjahit rok susun untuk anak

Jahit ban pinggang, lipat bagian pinggang rok selebar karet elastik. Sisakan sedikit lubang untuk memasukkan elastik. Masukkan elastik pada lubang yang sudah dibuat. lalu tutup/jahit lubangnya.
cara menjahit rok susun untuk anak

cara menjahit rok susun untuk anak

Kelim bagian bawah dan Pasang renda
Cara menjahit rok susun untuk anak

Cara menjahit rok susun untuk anak

Tambahkan pita Double Bow di layer pertama sebagai pemanis dan fungsinya juga agar dia bisa membedakan mana bagian depan dan bagian belakang. Karena secara keseluruhan rok ini bagian muka belakang sama persis bentuknya.
Cara menjahit rok susun untuk anak



Setelah 1,5 jam memotong dan menjahit, inilah rok susun 3 yang saya jahit untuk nona Missy saya. Jika proses pengerutan dilakukan secara manual, mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dengan waktu yang saya butuhkan.

Cara menjahit rok susun untuk anak
Tiered skirt, a quick and easy to sew.

Rok ini belum disterika, tapi nona Missy saya ingin segera mencobanya.. dan inilah dia..

Cara menjahit rok susun untuk anak

Ini rok susunku.. mau coba bikin rok susun sendiri??

Semoga bermanfaat, jika suka dengan artikel ini jangan lupa share agar membawa manfaat buat orang lain. Sedekah ilmu.. just that easy..

Comments

Post a Comment