Lihat Bagaimana Saya Membordir dengan Mesin Bordir Komputer



Embroidering a Little Pony

mesin bordir komputer

Saya suka sekali menghias kain. Salah satunya dengan membodir. 
Beberapa kawan bertanya bagaimana cara saya membordir. Untuk membordir saya gunakan 2 cara, yang pertama menggunakan mesin bordir manual dan cara kedua dengan menggunakan software bordir pada mesin bordir komputer. Untuk cara manual, teknisnya sama dengan membordir pada umunya. Sedangkan untuk cara yang kedua, saya menggunakan mesin Singer Futura XL-400 untuk membordir. Untuk catatan, saya disini tidak sedang menjual mesin bordir komputer ya, saya hanya me-review dan sharing tentang mesin bordir komputer yang saya miliki. Semoga bisa jadi bahan masukan buat kamu yang sedang mencari mesin bordir komputer apa yang sesuai untuk hobby kamu. Jadi simak artikel ini lebih dahulu sebelum kamu pergi ke toko penjual mesin bordir komputer. Saya menggunakan mesin bordir komputer Futura sudah dari awal tahun 2014. Alhamdulillah saya bersyukur sekali memiliki mesin bordir komputer ini. Bukan saja karena semua fitur bordirnya mewakili semua hobby saya, tapi juga karena pada waktu saya beli harga mesin bordir komputer ini masih lumayan terjangkau kalau dibanding dengan tahun sekarang karena harga mesin bordir komputer sangat dipengaruhi oleh kurs nilai tukar dolar yang makin ehemm..😒. 




Futura sendiri sudah memiliki software bawaaan yang mudah untuk digunakan. Meski saya juga menggunakan Wilcom, tapi untuk desain sederhana, software bawaan Futura sudah cukup memadai. 

Untuk desain bordir , bisa langsung digambar pada laman yang terdapat pada aplikasi bordir . Atau bisa juga dengan menggunakan free image yang banyak tersedia di dunia maya. 

Hari ini saya ingin menghias dengan motif a Little Pony. Image ini saya dapat dari free printable coloring page. Gambar ini berformat JPG, untuk bisa dirubah menjadi bentuk bordir maka formatnya harus dirubah. Buat teman-teman yang sering nanya gimana caranya saya membuat gambar bordir, silahkan baca artikel ini ya..

Berikut ini langkah-langkahnya.

Siapkan gambar :
bordir little pony
Buka ‘Autopunch Wizard’ pada bordir apps Futura, dan pilih gambar yang dimaksud
jual mesin bordir komputer
Tampilannya akan seperti ini
jual mesin bordir komputer



Rubah tiap bagian menyesuaikan warna benang yang diinginkan. Untuk info, mesin ini bukan jenis multiple thread system ya, jadi kalau satu warna benang sudah selesai dibordir, maka mesin akan otomatis berhenti dan akan jalan lagi mengikuti thread selanjutnya dengan warna benang yang sudah diganti sesuai gambar yang dibuat.
jual mesin bordir komputer

jual mesin bordir komputer
jual mesin bordir komputer
Jika sudah sesuai semua warna benangnya.. lihat dalam bentuk ‘Realistic View’
Sekarang saya akan merubah bentuk matanya menjadi lebih sederhana tapi tetap cantik..
Dari seperti ini
jual mesin bordir komputer

Menjadi seperti ini
jual mesin bordir komputer
Tampilan akhir terlihat lebih cantik dengan mata lebih berbinar.

Atau kamu bisa memilih hanya menggunakan outline-nya saja dan merubah warna benangnya.. tampilan outline-nya dan setelah dirubah warna benang menjadi warna pink kesukaan anak saya akan seperti ini hasilnya.
jual mesin bordir komputer
Sebagai perbandingan.. misalnya kalau kamu meng-edit gambar di PC dengan tools Photoshop atau semacamnya maka setelah jadi gambarnya, kamu tinggal mencetak di kertas.. Tapi dengan software ini setelah gambar selesai di-edit maka si cantik pony ini sudah siap dicetak di kain .. daaan.. TADAAA.. hasilnya akan seperti ini.. Tinggal dirapiin benangnya dan disetrika maka si Little Pony siap untuk diproses lebih lanjut.
jual mesin bordir komputer singer

Nona Missy saya suka sekali dengan hasil bordir ini, dia ingin membuatkan temannya sebuah pencil case dengan motif a Little Pony sebagai hadiah ulang tahunnya. 
Mau lihat versi videonya?
Lihat bagaimana saya membordir pada video dengan durasi kurang dari 2 menit. Speed jahit mesin bisa di adjust sendiri menyesuaikan kebutuhan. Dalam video ini saya adjust speednya ke level slow  agar proses bordir bisa nyaman untuk dilihat. 



Tonton juga Part 2 , Lanjutan membuat Simple Pouch with a Little Pony

Lihat juga bagaimana saya Membuat Bordir Applique Dengan Mesin Bordir Komputer
jual mesin bordir komputer

Jika kamu suka dengan tutorial ini, silahkan BAGIKAN posting ini di Facebook kamu atau sematkan  foto yang ada di laman ini ke papan Pinterest kamu dengan mengklik tombol share yang terdapat dibawah judul atau dibagian akhir artikel di bawah kolom Reaksi. 

Semoga harimu menyenangkan..
Terima kasih 💗 

Comments