Prayer Mat for Kids - Cara Membuat Sajadah Anak ( tutorial text dan video)





diy - Membuat sajadah anak dari kain

Cara Cepat dan Mudah Membuat Sajadah Anak



Pernahkah kamu kehabisan ide saat harus memberikan kado untuk anak-anak? Dikasih kado boneka sudah pernah, baju, mainan dan lainnya sudah pernah.. Inginnya kali ini memberikan kado yang bermanfaat dan bisa dipakai setiap hari. Buat kamu yang pernah punya masalah seperti saya, coba simak artikel ini. Membuat sajadah anak – diy. Kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.
Kalau kamu lagi butuh untuk mempersiapkan souvenir untuk hari raya, kamu juga bisa coba membuat sajadah lucu ini. Mudah, ekonomis, dan pasti sangat bermanfaat. Membutuhkan waktu 45 menit untuk membuat sajadah ini.. sajadah cantik dengan warna dusty pink untuk putri dari seorang sahabat. Kali ini saya gunakan hanya 2 motif kain.. selain karena kurang suka dengan kombinasi yang terlalu ramai.. juga karena terlalu banyak warna dan motif yang digunakan akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuatnya. Cara membuatnya pun mudah dan cepat karena tak membutuhkan pola yang rumit seperti kalau membuat baju. Jahitnya pun mudah, karena semuanya hanya jahitan lurus-lurus saja. Buat yang lagi ada project bikin ‘Rug’ cara pembuatan sajadah ini bisa diterapkan pada proses pembuatan ‘Rug’. Bedanya hanya pada lebar kain dan motif applique yang digunakan.


Let’s move..
Untuk cara singkat membuat sajadah cantik ini bisa juga kamu lihat pada tayangan slide show video singkat membuat sajadah dengan durasi kurang dari 2 menit pada channel kami di youtube.
Tapi untuk keterangan lengkap bisa simak langkah-langkah berikut ini.

Siapkan bahan

Supplies :
Kain 2 motif :
-          Bahan utama katun halus (150cm width)  warna dusty pink polos 1m
-          Bahan kombinasi katun halus (150cm width) warna dusty pink motif dotty kecil  1/2m
Note : Saya menggunakan kain dengan lebar 150cm. Jadi, jika bahan kamu lebarnya kurang dari 150cm, maka panjang kain yang dibutuhkan menjadi lebih panjang.
Flannel untuk applique, tanpa kain flannel juga bisa, kamu bisa menggunakan bahan kombinasinya sebagai bahan applique, lalu potong bahan sesuai keinginan.. disini saya potong membentuk masjid mini yang cute dan bunga kecil dengan warna kontras dengan masjidnya.
Batting 1m. Untuk bahan batting bisa menggunakan Thermolam, Dacron lembaran, Silicon lembaran, atau kalau ketiga bahan tersebut tidak tersedia atau sulit didapat, maka bisa diganti dengan memakai busa angin..karena busa angin realitif lebih mudah diperoleh, banyak toko bahan jahit dan kerajinan menjual busa angin.
Embroidery threads and other sewing supplies. Siapkan benang bordir (untuk applique) , benang jahit, dan alat jahit lahinnya.

Eksekusi yuuk..
cara membuat sajadah untuk anak

Cuts
Potong kain sesuai selera dan kebutuhan seberapa besar sajadah yang ingin kamu buat. Disini saya menggunakan ukuran 50 x 90cm, dengan sedikit kombinasi seolah-olah menyerupai patchwork.
Jadi, untuk sajadah seukuran tersebut saya potong bahan seperti berikut ini:
-          Alas bawah dari bahan utama dipotong 54 x 94 cm 1 lembar
-          Atas:
o   ( A ) bahan utama 34 x 74 1 lembar
o   ( B ) bahan kombinasi 10x90cm 2 lembar dan 10x50cm 2 lembar
o   ( C ) bahan utama memanjang 5cm x 3,25m boleh sambung jika kain kurang panjang
-          Batting dipotong 50x90cm
-          Siapkan pola untuk flannel, saya pakai pola masjid dan bunga kecil lalu gunting rapih.
-          Potong bentuk hati untuk aplique..


Sewing
(image 1 ) pasang( B ) ke sekeliling ( A )
(image 2 ) rapikan ujungnya hingga tampak seperti gambar

cara membuat sajadah untuk anak

cara membuat sajadah untuk anak
(image 3 ) do the applique. Saya pakai computerize embroidery machine untuk mengerjakan applique nya agar lebih cepat. Jangan lupa pasang masjid flannel nya. Tp kamu juga bisa jahit applique dengan mesin manual hasilnya pun tak kalah rapih.
cara membuat sajadah untuk anak

(image 4) tempel bagian atas pada batting, semat dengan jarum. Pasang bagian bawahnya, semat dengan jarum pula.
praying matrass for kids

(image 5) setelah bagian atas dan bawah sudah tersemat jarum dan dipastikan kerapihannya, lalu jahit tindas pas pada bagian yang disambung, lihat ilustrasi image 5.
praying matrass for kids

(image 6) pasang ( C ) cara memasangnya seperti cara memasang bias tape yang lebar pada keliling sajadah.
diy rug

Yang terakhir jahit tindas agar mencul efek quilt yang cantik.
diy rug

And.. here you are.. your praying matrass is done. Cute isn’t it.. membutuhkan waktu kurang dari 60 menit untuk membuat ini. Kamu bisa membuat sajadah ini untuk souvenir Idul Fitri.. sangat bermanfaat untuk membiasakan anak sholat dan kamupun dapat pahala karenanya..

Happy sewing.. and see you in the next project.








Comments

  1. Yang ini seleraku bangeed.. gak rame gak norak ky sajadah anak yg banyak dijual dipasaran

    ReplyDelete
  2. makasi sist.. selera saya juga.. ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment