Cara Membordir Nama pada Handuk




Bordir Nama Untuk Handuk


Seorang teman di kantor suami saya sedang berbahagia dengan kelahiran putra pertama yang sudah ditunggu setelah sekian lama berumah tangga.

Menengok adek bayi kurang seru kalau tidak membawa bingkisan yaa.. Saya sudah siapkan sebuah handuk mandi yang lembut dan tebal berukuran besar agar bisa menghangatkannya setelah dia mandi.. Saya memilih handuk sebagai kado juga karena sifatnya yang long lasting .. awet dipakai untuk waktu yang lama. Kalau dikado baju pasti seiring bertambahnya usia, akan berubah juga ukurannya.


Masih ingat dengan Owl Bedding yang pernah saya buat beberapa waktu lalu? Sebelumnya saya membuatkan bedding set sebagai kado untuk keponakan yang baru lahir. Dan disitu saya membordirkan namanya pada bantal dan selimutnya.. Jadi untuk yang kali ini, agar lebih istimewa saya juga menambahkan nama si baby dengan cara dibordir langsung di handuknya.

bordir handuk
Saya pernah punya pengalaman membordir handuk anak saya sebelumnya, tapi waktu itu hasilnya kurang ok.. bulu handuk yang panjang dan tebal terkadang keluar dari sela-sela hasil bordir.
Jadi kali ini,, saya ingin mencoba trik bagaimana agar serat handuk tidak keluar saat dibordir. Saya mencoba membordir dengan menambahkan plastik diatasnya.
Simak langkah-langkah berikut ini...



Bahan :
Bath towel
Tear away stabilizer - stabilizer yang mudah disobek jika sudah selesai digunakan
Plastic ( plastik bordir lembaran)
Tips : pilih plastik yang agak tebal ya.. plastik bordir apa saja asal tebal dan tidak mudah sobek jika kena jarum.

Step 1 
Pasang stabilizer pada bagian bawah handuk, semat dengan jarum, lalu letakkan bagian bawah hoop persis dibawah nya. Stabilizer ini sifatnya optional.. you may use it or not.. Saya pilih untuk memakai stabilizer agar hasil bordir kuat dan tetap 'steady' karena handuk pasti sering dipakai dan dicuci.
Pasang plastik lembaran diatas handuk. Lalu pasang bagian atas hoop dan eratkan sekrupnya.


Step 2
Bordir sesuai keinginan, pakai speed dibawah sedang ya,, jadi agak pelan jangan terlalu cepat agar plastik tidak mudah koyak. Bordir hati-hati ya.. karena plastik yang tertusuk jarum pasti akan berlubang dan gampang sobek.

Tips : pada saat mesin sedang berjalan bagian bawah sepatu mesin sesekali lengket dengan plastiknya.. agar tidak lengket saya taburkan sedikit baby powder diatas plastik..  ingat sedikit saja yaa..

Step 3
Lepaskan hoop dari mesin,, lepas plastiknya,, plastik yang sudah terkena bordir mudah sekali disobek.. jangan lupa sobek juga sisa stabilizer di bagian bawah handuk.
how to embroidery towel


And taddaaa.. hasilnya jauh lebih baik dari pada hasil bordir pada handuk sebelumnya..
And now ready to wrap..

Semoga bermanfaat..

Comments

  1. Plastiknya beli dimana dan namanya apa ya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plastik yg larut di air bukan ya?

      Delete
    2. Plastiknya beli di toko bahan konfeksi, atau bisa juga secara online. Pedagang punya banyak sebutan untuk mengacu ke produk ini. Ada yang menyebutnya dengan plastik bordir, stabilizer plastik, pelapis PVA, plastik air dsb.
      Bentuknya lembaran, kalau diperhatikan dari dekat plastik ini ada bintik/kotak-kotak kecil dan halus dibagian bawahnya. Adapun jenis, lebar dan tebalnya bermacam-macam, ada yang lebar 100cm, ada yang 160cm, permukaannya ada yang bening ada juga yang buram tergantung tebal plastik dan merk.nya.
      Dan, iya benar..plastik mudah larut dalam air. Water soluble film-plastik bordir yang larut/mencair jika direndam dalam air dingin. Kemampuan larutnya tergantung merk plastiknya, ada yang langsung mencair, ada yang hanya berubah lembek saja jadi harus disobek dengan tangan. Untuk pembelian via online dengan jumlah kecil saya kurang tahu, tapi kalau untuk pembelian online dalam jumlah besar bisa cek salah satu pemasang iklan di blog ini. Ada pemasang iklan yang menjual produk tersebut.
      tq.

      Delete
  2. Tear away stabilizer beli dimana yah?namanya apa yh?

    ReplyDelete

Post a Comment