Membuat Miniatur Masjid dari Kain dan Barang Bekas




Mosque Miniaturea Mother and Kid's Project

Hello.. its mommy’s time.. This year is the last year of my little girl in kindergarten. She has a home work to build a mosque miniature... It is a mommy and kid’s project,, a kind of up-cycling project. So it has to be made from old stuffs. Her teachers give us two weeks to finish this project. But I really don’t have any idea until the last two day before deadline. Two days work for this miniature,, it is looks like a mushroom mosque for me.. ^_^

miniature masjid
mosque miniature.1


mosque miniature.2


Buat yang punya anak usia sekolah mungkin pernah mengalami pengalaman tugas membuat Miniatur Masjid seperti saya. Anak saya yang masih TK dapat tugas sekolah membuat Miniatur Masjid dari barang bekas.… Pihak sekolah memberikan waktu dua pekan untuk menyelesaikan tugas ini.. Tapi karena sedang banyak pekerjaan dan saya sendiri tak punya pengalaman membuat miniatur semacam ini..jadinya tugas ini tak segera saya kerjakan.. Benar-benar tak punya ide untuk ini. Pekan pertama terlewati dan si kecil pun mulai merengek minta segera dibuatkan miniaturnya. Apalagi teman-temannya sudah cerita betapa bagusnya miniatur buatan orang tuanya.. kebanyakan mereka membuat dari bahan styrofoam dicat warna warni hingga cantik sekali seperti rumah miniatur yang biasa ada pada pameran property. Tapi karena tugasnya harus dibuat dari barang bekas maka saya mulai deh putar otak ngumpulin barang bekas yang bisa dipakai. Karena di rumah saya banyak kain perca jadinya saya mau bikin masjid dari kain .. yup.. Mosque miniature from fabric scraps..



Mau tahu seperti apa caranya..??
Mulai siapin bahan-bahannya yuuk...

cara membuat kubah miniatur masjid

Materials :

  • Kain perca
  • Kardus bekas minuman sari buah yang isi 18cup kecil
  • Kaleng bekas potato chips atau kaleng bekas wafer roll berbentuk silinder.
  • Karton bekas yang tebal, buat alasnya.
  • Dakron / silicon / busa angin potongan kecil-kecil / kapas.
  • Kertas bekas kalender ( note : use the back side ya.. bagian belakang yang polos putih.)
  • Kertas bekas kado
  • Bekas stik es krim.
  • Lilin mainan / malam.
  • Tusuk gigi + kertas perak... ( tusuk gigi pakai yang baru ya.. jangan bekas pakai.. bau.. qeqeqe…)
  • Gunting, alat tulis, penggaris, lem UHU, sellotape dan double tape.
Let’s move..

Instruction :
Potong bagian tutup atas kardus ( eit.. jangan buru-buru dibuang dulu ya, bekas potongan tutupnya dibungkus dengan kain putih lalu sisihkan). Note : karena kardus ini lumayan tebal,, jadi untuk tugas memotong sebaiknya orang dewasa saja yang mengerjakan.. si kecil nanti bantuin nempel-nempelin aja yaa.. ^_^

Gambar sketsa masjid pada kardus tadi lalu gunting sesuai sketsa. Bungkus kardus yang sudah dibentuk ini dengan kain putih, jangan lupa rapikan bagian pintu masjidnya.

Pasang kembali bekas potongan bagian atas kardus yang sudah dibungkus kain tadi menjadi atap masjid dengan menggunakan lem dan sellotape.

Bungkus kaleng bekas potato chips dengan kain putih lalu sisihkan sebentar.

Sekarang lanjut membuat kubah dari kain . Potong melingkar kain pink polkadot ( 2 buah yaitu: ukuran besar untuk kubah utama, dan ukuran kecil untuk menaranya) , cara untuk membuat lingkaran dengan cepat dan rapi yaitu dengan menggunakan mangkok besar untuk sayur atau piring saji besar untuk menghasilkan lingkaran besar, dan gunakan mangkok kecil untuk menghasilkan lingkaran kecil.. Taruh telungkup mangkok besar diatas bahan, lalu garis melingkar sekelilingnya, potong bahan mengikuti garis yang dibuat tadi. Lalu jahit kerut bagian tepinya seperti pada gambar dibawah ini, kemudian isi bagian dalamnya dengan dakron atau busa angin atau kapas. Pasang mangkok kain berisi dakron atau kapas ini untuk yang kecil pasang diatas kaleng potato chips yang sudah dibungkus kain. Dan untuk yang besar pasang diatas masjidnya . Pasang dengan menggunakan lem dan double tape.

cara membuat kubah miniatur masjid

Buat detail jendela untuk menara dan detil pintu masjid dengan ditempeli kain. Untuk menara saya menambahkan balkon dengan menggunakan karton bekas dibungkus kertas kalender, lalu ditempel dengan lem UHU.

Potong karton tebal untuk alasnya, tutup atasnya dengan kertas bekas kalender agar rapi. Letakkan masjid diatasnya, jangan di lem dulu ya.. cukup tandai tempatnya, pasang sepotong kain sesuai tanda tadi sebagai karpet masjidnya rekatkan dengan lem, dan setelah karpet sudah terpasang rapi, letakkan masjid persis diatasnya, lem yang banyak agar kuat. Letakkan menara disebelah masjid, rekatkan dengan lem lalu buat tangga kecil dengan kardus bekas dibungkus kertas sisa kertas kado.

Buat tembok pagar dan pot bunga dengan menggunakan kertas kardus bekas dibungkus kertas kado. Tempel stik es krim pada tembok pagar, pasang pada sekeliling masjid. Selanjutnya, buat bunga dengan lilin mainan/malam sebagai hiasan.

Buat bulan sabit pada karton lalu bungkus kertas perak, pasang pada tusuk gigi, lalu bungkus tusuk gigi dengan cara menggulung dengan kertas perak. Pasang tusuk gigi pas pada bagian tengah kubah.


And.. this is it.. our mosque miniature is done..


DIY – Mosque Miniature


So cute.. I love it..Aaand..Alhamdulillaah we won the challenge.. Our Mosque is one of the best 3. Sedihnya.. karena meraih juara, miniatur kami jadi hak milik sekolah.. ga' boleh dibawa pulang. Untungnya sebelum dibawa ke kompetisi masih sempat difoto-foto..
Well.. that's okay.. we'll make one more one day on the next competition..

Happy Eid Al-Adha ..
and.. happy sewing.. ^-^ 



(edited version - click on tab ' Read Article in English' on the top of the page for worldwide visitor )
Thank you so much for stopping by.