EASY SIMPLE PILLOW CASE





MEMBUAT SARUNG BANTAL SOFA


Ini sebenarnya adalah up-cycle project , kain garis-garis biru ini dulunya adalah sebuah gorden yang sudah tidak terpakai. Karena bahan dan warnanya masih bagus jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan. Jadi, kali ini saya sedang ingin merubah gorden tersebut menjadi sarung bantal untuk sofa atau bantal untuk kursi teras,  maunya bikin yang mudah dan sederhana saja tapi tetap cantik dan prosesnya ga' pake lama... Jadi tidak terlalu menyita banyak waktu. 
cushion cover diy
It is so easy.. it takes only 2 hours from preparation until these cushions ready.

Langsung eksekusi yaa..

Persiapan  
Siapkan bahan : kain katun, batting ( batting yang tipis, bisa menggunakan fusible fleece atau bisa juga menggunakan busa angin), retsleting, and other sewing supplies.
Cut and Sew
Lihat gambar dibawah ini:
( image 1) % Potong bahan sesuai ukuran yang dikehendaki
Disini saya pakai ukuran 40x40cm.
Potong bagian depan , jangan lupa potong busa angin seukuran kainnya.. dan jangan lupa pula menambahkan beberapa centimeter pada setiap sisi untuk jahitan.
(image 2) Potong bagian belakang
(image 3) Jahit busa angin pada kain. Jahit keliling yaa..  It will easier for you to manage..
(image 4) Beri hiasan pada bagian depan.. tujuannya supaya busa bisa menempel lebih kuat pada kain dan pasti jadi lebih indah. Boleh pakai tehnik quilting ya..
(image 5) Pasang retsleting pada bagian belakang sarung bantal.. sebelum dipasang retsleting, obras terlebih dahulu sisi-sisinya baru pasang retsletingnya.. saya menggunakan retsleting jepang.. jangan lupa ganti sepatu retsletingnya ya..sesuaikan sepatu dengan jenis retsletingnya.
(image 6) Satukan bagian depan dan belakang
(image 7) & (image 8) Pasang bias tape pada sekeliling sambungan agar jahitan kuat dan rapi,, saya pakai bias tape dari bahan kain yang sama.


Daannn.. sarung bantal kamu sudah jadii… mudah sekali bukan… mudah dan cepat..
cushion cover diy

Gimana..kamu juga punya gorden atau barang lain yang ingin di up-cycle ? Segeralah berkreasi dan jangan lupa lihat juga cara pembuatan sarung bantal envelope dangan appligue , untuk membuat ruang tamu rumah kamu menjadi lebih menarik..

Salaam..

Comments