Organizing Sewing Threads - Membuat Rak Benang




Organizing Sewing Threads

Hi.. today I am going to take you to my sewing room. See.. this is my threads organizer. Cute isn't it!.. I've been searching to many store this kind of organizer..but I cannot find what I want..
This one I made by my self from a medium thick Styrofoam, it is so easy,, no need a drill or handsaw to make it. It’s been hanging on my sewing room wall for so long.. 

Uhhmm.. Maybe, one day if this one has broken I will go to a carpenter to make it from wood..


threads organizer

Kamu yang hobby menjahit pasti punya banyak koleksi benang jahit bukan.. saya pun begitu.. Dulu, tempat benang saya hanya sebuah kaleng bekas biskuit.. benang jahit ditata rapi dengan cara diberdirikan berbaris-baris.. tapi masalah yang sering muncul adalah ketika salah satu benang diambil, maka yang lain akan miring dan selanjutnya roboh, ujung benang lama-lama saling terpaut dan jadi kusut deh.. dan akhirnya berantakan semua, tidak bisa rapi. Saya sudah mencari ke banyak tempat orang jualan rak, tempat jualan alat jahit, toko-toko offline maupun online. Tapi tidak ketemu dengan yang saya mau. Putar otak pingin membuat tempat benang yang praktis tapi tetap nyaman dipandang mata.. Beberapa ide muncul seperti misalnya tempat benang yang semacam rak pakai tusukan kayu kecil-kecil. Cantik sekali.. tapi dipikir-pikir lagi kalau benangnya lebih dari jumlah tusukan itu gimana?? Satu warna benang belinya satu pack isi 12 biji.. Kalau benangnya ada 10 warna aja berarti jumlah tusukannya harus ada 120 tusuk.. Itu kalau cuma 10 warna benang.. sedangkan peng-hobby jahit koleksi benangnya bisa banyak sekali warnanya.. Dari unsur merah aja ada warna merah muda, merah bendera, merah fanta, merah maroon, merah bata dan banyak lagi macamnya.. Naaah kalau warna lain gimana hayo.. Berapa ratus tusukan yang dibutuhkan! Apa iya mau dimasukkin kaleng biskuit lagi..?? Coba searching ide di pinterest.com akhirnya ketemu rak gede yang ambalannya berbentuk wajik-wajik.. Jadi iseng saya buat percobaan tempat benang,, saya buat dari bahan styrofoam. Niatnya.. nanti akan saya tunjukkan ke tukang kayu agar dibuatkan serupa ini dari kayu.




Setelah jadi, iseng saya coba pasang di dinding ruangan jahit saya, dan saya masukkan semua benang saya di dalamnya.. Ternyata kok cantik juga yaa.. Sehari.. dua hari.. seminggu.. sampai berbulan- bulan bahkan ketika saya menulis untuk laman ini rak ini sudah lebih dari satu tahun tergantung di dinding ruang jahit saya.
threads organizer

Gimana..?? tertarik ingin mencoba membuatnya. Ini nih bahan dan cara membuatnya.



MATERIALS :

  • Bahan utamanya adalah styrofoam putih dengan tebal medium.
  • Cutter
  • Lem styrofoam



INSTRUCTION :

  • Ukur benang, lebihkan 2-3 cm.
  • Buat pola seperti gambar kanan atas, lalu potong sesuai garisnya. 
  • Jarak antara gerigi dengan gerigi yang lain menyesuaikan kebutuhan. Punya saya jaraknya 12cm.
  • Pasang-pasangkan seperti gambar kiri bawah.
  • Potong dan buang yang tidak dibutuhkan sehingga akan berbentuk seperti gambar kanan bawah.
  • Lem dengan lem styrofoam tiap sambungannya.
  • Tutup tepinya dengan styrofoam dan lem yang banyak agar kuat.
Dan.. ini dia tempat benang saya.. rapi dan cantik dipandang mata.. 
threads organizer

Tak ada lagi benang kusut di ruang jahit saya

Do you wanna try..?? 

Thanks for stopping by and Happy Sewing..