Membuat Gantungan Remote



diy - REMOTE ORGANIZER


“Remote mana..” ..” barusan ada disini kok gak ada..??”.. Seringkali terjadi di rumah saya.. lagi asyik nonton TV pingin ganti channel atau sekedar membesarkan volumenya jadi heboh sendiri gara-gara sibuk nyari remote. Jadinya acara nonton TV terganggu hanya gara-gara remote tidak ketemu hehhee.. Kemudian muncul ide ini untuk membuat sebuah organizer untuk remote yang bisa digantung dekat tempat nonton TV. Dan jadilah Remote Organizer ini.

gantungan remote


Organizer ini saya buat dari kain perca.. seadanya saja.. kamu bisa menggunakan bahan apa aja.. bisa dari kain baru atau kain sisa, bahan untuk tas, kain kanvas, kain belacu, plastik transparan dan bahkan kalau kamu punya baju bekas bisa juga di up-cycle menjadi organizer.
Berikut ini bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Siapkan bahan
  • Body. Kain untuk badan organizer uk 30cmx40cm (2x) dipotong sesuai gambar dibawah ini.
  • Remote Pocket. Kantong remote 20cmx40cm ( sengaja dibuat lebih panjang untuk floi agar kantong tidak sempit kalau nanti diisi remote) + Lapisan kantong remote, disini saya pakai motif yang beda karena bahannya terbatas. Tapi kalau kain kamu masih lebar kamu bisa pakai motif yang sama, saya menambahkan lapisan tujuannya agar kantong lebih kuat dan lebih cantik. Ukuran kain lapisan ini menyesuaikan ukuran kantong ya.. ˉ-ˇ
  • Coin Pocket. Kantong untuk receh ( agar uang receh tidak tercecer ) + lapisan sesuai ukuran kantong receh
  • Key Pocket. Kantong kunci (.. sering panik juga kan kalau mau kemana-mana udah capek duluan nyari kunci.. ) + lapisan sesuai ukuran kantong kunci.
  • Siapkan busa angin, potong sesuai ukuran badan organizer dan besar kantong.


Menjahit
(image 1) Siapkan badan organizer.. susunannya seperti ini: letakkan kain untuk bagian bawah lalu sisipkan busa angin ditengahnya, lalu tutup dengan kain untuk bagian atas. Jahit tepinya, lalu sisihkan. Lanjut menjahit kantong seperti pada image 2.
(image 2) Siapkan kantong untuk remote dan kantong lain sesuai kebutuhan. Disini saya menambahkan kantong untuk kunci dan uang receh .. Cara menjahitnya sama dengan image no 1, yaitu kain bagian bawah jangan lupa dilapis busa lalu ditutup dengan kain bagian atas, lalu jahit quilt sederhana agar kuat, bisa menggunakan pola wajik-wajik seperti gambar ini. Dan agar lebih bagus bisa diberi nama dengan dibordir atau disulam.
(image 3) khusus kantong receh karena tujuannya agar bisa dilepas-lepas maka kain bagian bawah tidak langsung disatukan dengan kain bagian atas. Jahit membentuk kantong menjadi seperti ini, do the same way to the inner. Lakukan hal serupa pada bagian dalamnya.
(image 4) Satukan bagian outer dengan bagian inner, jahit sekelilingnya, sisakan sedikit untuk membalik lalu setelah dibalik, jelujur sisa sambungan yang masih terbuka menjadi seperti gambar 4.



  • Pasang pada badan organizer dengan susunan seperti pada gambar dibawah ini, untuk bagian kantong receh jangan lupa dikasi velcro, tujuannya adalah agar bisa dilepas kantongnya. Untuk kantong kunci bisa disisipin bias tape atau semacamnya pada bagian tepinya untuk gantungan.


  • Jahit sekeliling badan dengan bias tape yang dibuat dari bahan yang sama dengan bahan kantong. Jangan lupa disisipin tali untuk cantolan/gantungannya nanti ya.


    Akhirnya.. remote organizer kamu siap digunakan.. gantung organizer ini dekat dengan sofa untuk menonton TV. Dan ga ada lagi deh ribut-ribut nyari remote..
    Selamat mencoba
    Happy sewing..

Comments