Ayo Menjahit Sendiri Baju Koko Pria

cara membuat baju koko pria dewasa

diy ~ Muslim Clothing for men, model baju muslim terbaru

Alhamdulillah ya moms.. Sudah mendekati bulan Ramadan lagi nih.. Gimana persiapannya.. fisik dan mental semoga kita semua bisa khusu’ menjalankan ibadah di bulan suci ini. Ramadan dan Idul Fitri adalah momen yang istimewa buat kaum muslimin.
Saya tidak akan dakwah tentang keistimewaan Ramadan disini.. Para mubaligh dan ustadz jauh lebih expert bidang ini..hihhii..
Yang ingin saya share kali ini tentang fashion di bulan Ramadan moms.. Cara menjahit baju koko pria.  Untuk cara membuat pola baju pria bisa lihat link Pattern kami. 


Ok.. Mari mulai jahitin ayahnya anak-anak baju koko yuu’ moms..

Cara Menjahit Baju Koko untuk Pria dengan Model Belahan Kancing Sembunyi

Ceritanya nih.. my hubby punya postur yang tergolong big size.. Jadi agak sulit nyari baju koko karena perawakan yang 'istimewa' ^_^.. Kalau beli pakaian harus pakai muter-muter dulu nyari yang pas. Beli di olshop juga ternyata seringnya ga’ cocok kurang gede laah atau kurang panjang laah.. Dan dilemanya, kalau ada yang cocok biasanya harganya selangit.. Jadi mumpung Ramadan masih jauh..saya jahit sendiri saja baju koko untuk pria gemuk saya ini biar bisa dipakai buat sholat tarawih..
Kaya’ gini nih baju koko yang saya buatin untuk suami saya..

Take a look at the size.. Huge isn’t it?? Lol.. Guwede kan.. hahhaa..
cara membuat baju koko big size

Baju koko ini memakai kerah shanghai / stand collar, dihias bordir pada bagian kerah, ujung lengan, ujung saku dan bagian TM. Karena ada hiasan bordir pada bagian TM maka saya memakai hidden button ( belahan kancing sembunyi) untuk baju koko ini. Baju ini berwarna abu-abu, benang bordirnya saya pakai warna senada dengan memilih benang yang glossy sehingga jika terkena pantulan cahaya akan terlihat sedikit shiny. Satu buah saku tempel ada disebelah bawah kanan baju dan memakai belahan samping pada ujung sisi kanan kirinya.



Ok.. Let’s move to the next step..

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat baju koko :

Kain 2 yards – saya pakai bahan katun ima royal platinum ( bahannya nyaman dan tidak gampang kusut, di badan jatuhnya tegas tapi tidak kaku, cocok terutama buat baju pria). Dari kain 2 yards ini benar-benar tak bersisa jika dibuat baju seukuran ini. Hanya tersisa perca kecil-kecil banget.. Jadi saran saya jika khawatir ada salah potong sebaiknya beli bahannya lebih dari 2 yards ya moms..
Pola baju – saya tidak membahas pola kali ini ya moms.. Pola dasar pria dewasa dan cara membuat pola kemeja bisa dilihat disini. Dari pola dasar itu bisa dikembangkan menjadi pola baju koko untuk pria dewasa. Sedangkan untuk Pola kerah tegak atau kerah shanghai bisa lihat disini.
Siapkan juga Pola bordir – benang bordir , interfacing ( viselin dan kain keras) , benang jahit dan perlengkapan jahit lainnya.

Cara memotong pola baju koko pria

Cutting
Setelah bahan dipotong sesuai pola, hasilnya seperti ini
pola baju koko
  • 2 lembar lengan 
  • ( image a) 1 lembar badan depan bagian kanan – ditambahkan 2 cm ( untuk kancing) dari garis TM ( Tengah Muka)  lalu diberi lipatan kedalam 6cm. Perhatikan gambar A.
  • ( image b) 1 lembar badan depan bagian kiri –  tanpa dilebihkan 2 cm dari garis TM, jadi dipotong pas garis TM tanpa menambahkan kampuh. (lihat gambar B)
  • Lapisan TM bagian dalam - berbentuk 1 lembar kain sepanjang belahan TM dengan lebar 10cm, lipat jadi 2 memanjang lalu seterika. ( lihat gambar B )
  • Lapisan TM bagian luar - 1 lembar kain seukuran TM bagian dalam , boleh sedikit lebih lebar untuk space jika terjadi pengerutan ( wrinkle) saat proses bordir. Kemudian pasang interfacing dibelakangnya lalu bordir sesuai keinginan ( sebagai aksen hiasan pada belahan TM). ( lihat gambar B)
  • 2 lembar kerah shanghai ( lihat gambar B)
  • 1 lembar badan bagian belakang
  • 1 lembar kain saku.



Cara menjahit baju koko pria

Sewing – Bodice
( image 1) sambung bahu depan belakang lalu obras, kalau tidak punya mesin obras bisa memakai tehnik kampuh balik, atau rapikan tepi dengan menggunakan zig-zag stitch.
( image 2) sambung sisi. Berhenti pada tanda jarum untuk membuat belahan pada bagian bawah sisi, disini saya pakai belahan 15cm.
cara membuat pola baju koko

( image 3) buat belahan samping bawah. Tahapnya perhatikan gambar y moms..
cara membuat baju koko

( image 4) pasang interfacing pada lapisan TM bagian dalam dengan seterika panas, lipat jadi 2, lalu sematkan pada bagian lapisan luar TM ( yang ada bordirnya)
cara menjahit belahan kancing sembunyi baju koko

( image 5) masih di bagian lapisan TM, bagian ujung bawah ditutup dengan kampuh menghadap kedalam. Pada bagian ujung atas, jahit dengan kampuh menghadap kedalam tapi hanya dijahit 2 cm saja, lalu sayat bagian tersebut. Perhatikan gambar.
( image 6) setelah jadi seperti pada gambar, lalu jahit tepinya.
cara menjahit belahan kancing sembunyi baju koko
( image 7) Pasangkan bagian lapisan TM yang sudah jadi ini dengan badan depan sebelah kanan. Obras sambungannya lalu tindas dari luar agar rapi dan kuat.
( image 8) Hasilnya akan tampak sepeti gambar 9, lalu seterika biar rapi dan memudahkan proses menjahit selanjutnya.
cara menjahit belahan kancing sembunyi baju koko

Sewing – Collar
( image 9) pasang interfacing untuk kerah dengan seterika panas. Pasang pada kerah bagian luar.
( image 10) Lipat kedalam sisi bawah kerah bagian luar tersebut ( yang ada bordirnya), lalu jahit. Bagian  ini khusus bagian yang ada interfacingnya saja. ( sisi luar kerah / bagian yang ada bordirnya)
( image 11) pasangkan kerah bagian luar ini dengan kerah bagian dalam, sambung sisi atas kerah. 
( image 12) jika dibalik jadinya akan  tampak seperti gambar 12.
cara membuat kerah tegak untuk baju koko

( image 13) sambung kerah dengan badan. Pasang dari bagian dalam kerah terlebih dahulu dengan kampuh menghadap keluar. Lalu tutup dengan menjahit tindas bagian luarnya ( yang ada bordirnya). Perhatikan gambar.
cara membuat kerah tegak collar stand untuk baju koko


Sewing - Sleeves and Pocket 
( image 14) pasang lengan, lalu kelim ujung lengannya
( image 15) kelim bagian bawah badan. Dan pasang saku
( image 16) buat lubang kancing pada lapisan belahan bagian dalam. Lalu pasang kancingnya.
cara membuat baju koko


Dan ini dia,, jadi deh baju kokonya..

cara membuat baju koko untuk pria gemuk

I always love anything I made..
Yuuu’ bikin baju koko sendiri moms..
Happy sewing.. ^_^

Comments

  1. Halo, bagus tutorial nya, mudah dimengerti, btw cara bordir nya bgmana? Pakai mesin apa? Pakai benang bordir apa? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas apresiasinya mb Anitamastia.. cara bordir untuk baju koko saya pakai mesin bordir komputer. Bentuknya mirip mesin portable tapi ukurannya lebih besar. Tapi bukan mesin bordir komputer yang dipakai di mesin industri ya. Kalau mau lihat bentuk mesinnya bisa lihat link ini.

      https://9sewing.blogspot.com/2019/05/lihat-bagaimana-saya-membordir-dengan.html

      Kalau untuk benang saya pakai benang top rayon. Di artikel yg sy sebutkan link.nya tidak tampak benangnya.. tp di dalam video.nya ada kelihatan merk dan jenis benang yang saya pakai. Mungkin bs langsung diintip di link dan video diatas.
      Tq

      Delete
    2. Mba' Anitamastia bisa lihat bagaimana saya membordir lihat juga video didalamnya untuk mengetahui jenis benang yang saya pakai membordir.

      Delete
  2. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali. Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di Jual Alat Drumband Di Bandung

    ReplyDelete

Post a Comment